Materi Fisika Kelas X


v

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Islam 3 Sleman

Mata Pelajaran            : FISIKA

Materi Pokok              : Usaha dan Energi

Kelas                           : XI IPA

Pertemuan / waktu      : Pertama dan kedua / 4 x 45 menit

Metode                        : Ceramah dan demonstrasi

A. Kompetensi Dasar

1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik

B. Indikator

1. Memformulasikan hubungan antara gaya, energi, usaha, dan daya ke dalam bentuk

persamaan

2. Menunjukkan kaitan usaha dengan perubahan energi kinetik

3. Memformulasikan konsep daya ke dalam bentuk persamaan dan kaitannya dengan usaha dan

energi

C. Materi Pokok

1. Usaha oleh beberapa gaya

2. Menentukan besar usaha dari grafik

D. Media Belajar

1. Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E. Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan

· Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

(10 menit)

2. Kegiatan Inti

· Memahami peta konsep besaran fisika tentang Usaha dan Energi.

· Memahami makna usaha dalam fisika

· Menyebutkan contoh yang berkaitan dengan usaha

· Menuliskan persamaan matematis dari usaha W = F  S

· Menguraikan komponen gaya yang membentuk sudut q terhadap perpindahan, dan menuliskan persamaan matematis dari usaha

W = F  ∆x = F S cosq

· Menunjukkan satuan dari usaha

· Mempelajari contoh soal 4.1. Hlm. 95

· Mempelajari contoh soal 4.2 dan 4.3 Hlm. 96

· Mengerjakan soal latihan 4A, no 1, 2 Hlm. 97

(160 menit)

3. Penutup

· Memberikan kesimpulan bahwa Satu joule adalah besar usaha yang dilakukan oleh gaya satu newton untuk memindahkan suatu benda searah gaya sejauh satu meter.

· Memberikan kesimpulan bahwa usaha pada grafik F-x sama dengan luas raster di bawah grafik F-x

(10 menit)

4. Pekerjaan Rumah

· Mengerjakan soal latihan 4A, no 3, 4 Hlm. 97

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

Jakarta,

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran                        : FISIKA

Materi Pokok              : Usaha dan Energi

Pertemuan / waktu      : Ketiga – Keempat / 4 x 45 menit

Metode                                    : Ceramah

A. Kompetensi Dasar

1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik

B. Indikator

· Memformulasikan hubungan antara gaya, energi, usaha, dan daya ke dalam bentuk persamaan

· Menunjukkan kaitan usaha dengan perubahan energi kinetik

· Memformulasikan konsep daya ke dalam bentuk persamaan dan kaitannya dengan usaha dan energi

C. Materi Essensial

Energi (Hlm. 97)

Daya  (Hlm 103)

Hukum kekekalan energi (hlm. 104)

D. Media Belajar

· Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan

o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

o Menagih tugas pertemuan sebelumnya

(10 menit)

  1. Kegiatan Inti

· Menyebutkan sumber dan bentuk energi

· Mempelajari cara kerja panel surya

· Menurunkan energi kinetik   

· Menguraikan teorema usaha energi

·

· Memahami pengertian dan rumus daya              

· Mempelajari contoh 4.4, 4.5 Hlm. 102

· Mempelajari contoh 4.6 Hlm. 103

· Mempelajari contoh 4.7 dan 4.8 Hlm. 105

· Mengerjakan soal latihan 4B no ganjil (1 s.d 9) hlm. 107

(160 menit)

  1. Penutup

· Memberikan kesimpulan bahwa energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena kecepatannya.

(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

· Mengerjakan soal latihan 4B no genap (2 s.d 10) hlm. 107

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

Jakarta,

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : FISIKA

Materi Pokok                : Usaha dan Energi

Pertemuan / waktu         : Kelima / 2 x 45 menit

Metode                         : Ceramah

A. Kompetensi Dasar

1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik

B. Indikator

· Memformulasikan hubungan antara gaya, energi, usaha, dan daya ke dalam bentuk persamaan

· Menunjukkan kaitan usaha dengan perubahan energi kinetik

· Memformulasikan konsep daya ke dalam bentuk persamaan dan kaitannya dengan usaha dan energi

C. Materi Essensial

Evaluasi bab 4

D. Media Belajar

· Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan

o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

o Menagih tugas pertemuan sebelumnya

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

· Mengerjakan evaluasi bab 4 Hlm. 109

(80 menit)

  1. Penutup

· Memberikan motivasi untuk rajin menjawab soal

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

·

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

Jakarta,

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: